So.. ini adalah kisah seonggok lelaki dan sebuntel tuyul botak yang nyasar. Berawal dari angkot, dibubuhi dengan cinta kasih pertemanan dan berakhir dengan.. gak akan ada yang tau sebelum lo baca, sampe ketemu kata “The End” .

Nama gue Rayanda Adi Sadewo, panggil gue “RAY”. Dulu nyokap pernah cerita ke gue kalo bokap nyokap gue bangga dengan nama gue. Tapi sekarang, mereka nyesel se nyesel-nyeselnya, cuz whut? Kalo penerimaan murid baru pasti gander gua di tulis P, yang artinya PEREMPUAN. Karna apa ? di keyboard computer huruf O dan I itu sebelahan. Mau gak mau, gua jadi RAYANDA ADI SADEWI. Ya ampyuun cyiin emang eike cowok apaan? .
Nah,, itu sebersit pengalaman gak enak gua waktu SMA, sebenernya masih banyak sih pengalaman menakjubkan gua waktu SMA .. kayak….

Chapter 1. (freaking first day)

“Ray berangkat ya, mi.. “
gua buru2 cabut dari rumah dengan nyeker, soal sepatu dan kaos kaki itu urusan gampang, bisa gua pake di angkot. Gua gak mau kayak SMP dulu, saat itu gua telat waktu hari pertama masuk sekolah, yah.. cuman gara2 gua make sepatu lamaaa banget.. waktu itu gua beranggapan sepatu koboi perempuan yang iketannya ampe dengkul itu keren, makanya gua ngerengek minta beliin sepatu itu. Dan bayangkan berapa lama ngiket nya lebih lama dari perang indonesia lawan Belanda , dan gua dihukum ama senior. Kedengarannya sih biasa, tapi lo tahu apa hukumannya?, gua disuruh nyiumin pohon satu-satu sampe pohon yang gua cium ngebales ciuman gua.

Sekarang aku tersadar angkot yang.. kutunggu tak kunjung datang, apalah arti aku menunggu bila aku.. gak pake.. spatu.. #raisaapalahartimenunggu. Saat sadar kalo gua nyeker, gua buru-buru merunduk dan.. niatnya sih mau pake sepatu eh, angkotnya dateng.

“kang kok sepi? Biasanya juga penuh anak sekolah jam segini.”
Gua nanyain supir angkot yang mukanya sebelas duaratus sama Cristiano Ronaldo x_x .

“iya nih, soalnya akang teh baru mau pindah propesi..”

“gak mau narik angkot lagi, kang?”

“akang teh gak mau narik barudak sekolah kayak maneh .. maunya teh narik cewe kuliahan..”

“eleh-eleh kang, inget umur kang.. “

“saya teh masih 23 tahun, masih wajar atuh doyan anak kuliahan mah..”
gua tergagap-gagap setelah mendengar pernyataan dari tukang angkot ini. Muka dia udah setara sama nyokap gua, tapi, dia masih ngaku 23 tahun, gini nih akibat suka tidur di jok angkot dengan posisi kakinya di bawah, OTAKNYA MELOROT KEDENGKUL.

“bang..bang..”
suara itu mengagetkan gua yang lagi kebingungan, mata gua langsung mendelik ke arah suara itu.

“siapa lo?, masyaalloh gak pake baju, cuman pake sempak doang..”
Gua baru inget sedari tadi gua belom liat kebelakang, dan ternyata ada penumpang lain selain gua, walaupun gaya nya waktu itu NGGAK BANGET, badannya lecek, mukanya kurus, pokoknya semrawutan, ditambah dia cuman pake sempak doang, warnanya kuning garis-garis biru, sama ada pita warna ijo ditengahnya. Silahkan anda bayangkan, betapa limitted edition-nya sempak itu.

“minta hepeng lah, bang.. aku kesasar ini.”
Orang itu makin gak jelas dengan logat batak nya.

“ha? Gepeng? Oo nama lo gepeng?” Jadi nama dia gepeng .

“bukan, bang. Aku ini Tuyul bang, tuyuuul..”
dia memperagakan sambil monyong-monyong. Waktu itu gua gak mikir macem-macem setelah tau kalau dia itu seorang tuyul, eh maksud gua seekor tuyul, eh.. terserah deh, kalian mau manggil dia apa. Setelah berbincang panjang di angkot, barulah gua tau, kalau dia itu ternyata tuyul asli Sumatera Utara, yang sinanggar tulo..tulo atulooo ..oooo.#dibacanyagaksambilnyanyi. Dan sekarang dia ada di jakarta. Gua gak tau dengan cara apa dia bisa sampe sini.

“dek, kamu teh kenapa ngomong sendirian atuh?”
tukang angkot itu mengganggu pembicaraan gua dengan tuyul

“sendirian? Ini lho kang, orang ada temennnya kok.”

“eleh eleh.. anak sekarang tehh pada sengklek nyak? Kamu Kebanyakan tidur di ranjang, tapi kakinya ngegantung dibawahya? , makanya otak kamu teh melorot ke dengkul… Ckckk”
sial..
tukang angkotnya gak bisa liat tuyul? Wah gaib nih makhluk..

Setlah sekitar 10 menit duduk di angkot, gua sampai di sekolah yang baru, SMA Harapan Orang Tua. Agak gimana gitu yah..? gua sepakat untuk membawa si Tuyul balik kerumah, tapi gua nyuruh dia nunggu di gerbang sekolah, dan harus keep calm, gak boleh selengekan, gak boleh kayak cabe-cabean, apalagi sampe lepas daleman. Akhirnya si tuyul nurut dengan apa mau gua. Dan gua bisa dengan leluasa masuk ke sekolah. ini kan hari pertama, gua harus tampil seperfect mungkin, jangan sampe… kejadian masa SMP keulang lagi. Waktu gua jalan sepanjang koridor, semua orang ngeliatin gua. WOW. Ini hari pertama, dan gua berhasil membuat mereka terpesona, awal yang baik.

“woy,!!”
terdengar teriakan laki-laik dari belakang gua. Gila, udah ada yang mau minta tanda tangan gua , pasti dia cowok terong-terongan yang suka ngences kalo liat cowo keceh kayak gueehhh.. tapi sekali nya gua liat kebelakang, ternyata terongnya berotot dan hitam, dia senior dengan band merah terikat di lengannya, tapi ada tatto naga Indosiar di tangannya. Gua tebak, pasti itu hadiah sosis so nice .-.
Gua mendekat, dan bilang..

“ada apa?… Lo mau hukum gua? Helloooww (bences gua keluar -_-) ini masih jam 7, kita kan masuk jam 7.15 yes?” gua belaga di depan dia, apa yang harus gua takutin? Gua udah perfect dari rumah.

“lo baca buku tata tertib kan? Kalo kesekolah itu..”

dia mamandangi gua secara dalam, makin dekat, dan..

“PAKEE SEPATUUUU!! BUKAN NYEKEERR”

dia teriak di depan muka gua, seketika gua langsung melihat kaki gua, ternyata kaki gua. TELANJANG BULET. Saking asiknya gua ngobrol ama si tuyul di angkot, gua lupa pake sepatu, dan bodoh nya lagi adalah, sepatunya ketinggalan di angkot -_-. Sip, gua akan bernostalgia masa SMP, tapi bedanya waktu SMA ini gua gak nyium pohon, tapi disuruh ngitung kajang ijo. Ya gua pikir cuman disedian satu kantong kresek, eh.. ternyata, cuman setengah kantong kresek 😀 yes yes yes..! Tapi ternyata gua gak bisa benafas lega, karna di meja itu kantong kreseknya ada 25 biji. -_-. Gua cuman bisa pasrah sampai akhirnya hukumannya dihentikan. Dan 1 hari full gua nyeker, tanpa sepatu, tanpa alas kaki, dan FIX kejadin SMP keulang lagi -_-.

***

Hari pertama sudah berakhir dengan sangat sangat menyenangkan mengerikan. Gua udah liat si Tuyul duduk mengahadap trotoar jalan depan sekolah.

“e, bang! Mana sepatu kau? Sekolah tak pakai sepatu? Aduh bang… ku kira di tanah batak sana saja yang tak pakai sepatu ,jakarta pun begeitu pula? Alamak?”
Tuyul agak heran dengan style gua, yang kece di atas, normal ditengah, absurd dibawah ._.

“gak gitu,yul. sepatu gua ketinggalan di angkot tadi, gara gara keasikan ngobrol sama elo!”

gua menatap kosong kedepan, hari pertama aja udah kayak gini -_-. Harapan gua adalah, gua bisa menarik senior-senior wanita yang cakep, tinggi, berisi atas bawah …
maksud gua dompet nya, kalo dompetnya ditaro di saku baju dan saku rok, berarti dia berisi atas bawah.. tapi apa yang gua dapet? Kacang ijo, dikira gua mau basmi tuyul apa?.

“bang bang? Kau pakai saja sepatu ku ini”
gua mendelik ke arah tuyul, gua liat dia dalem-dalem dari ujung rambut,eh.. dia gak punya rambut, maksud gua dari ujung kepala sampai ujung KAKI, betapa kagetnya gua setelah sampai pada titik pengelihatan ini.

“dimana lo dapet sepatunya?”

“di angkot, punya orang ketinggalan mungkin, bang..”
Ooh, ternyata dia nemu di angkot, dan sepatu gua ketinggalan di angkot, dan sepatu si tuyul sama kayak sepatu gua, aneh..