bagaimana Chap 1 nya? garing? kering? melempem? belum mateng? kematengan? busuk? gak enak? apa keasinan? kemanisan? apa pait? ya ditunggu kritik dan sarannya teman-teman..

Chapter 2 (kesedihan tuyul)

Akhirnya gua dan tuyul pulang ke rumah, waktu sampai di kamar gua, kita bikin kesepakatan.

“yul, elo serius ya? , gak akan ngambil apa-apa di rumah gua !”

“bang berapa kali harus ku bilang?, aku ini bukan tuyul pencuri, kau liat CD aku!”

“buat apa?”

“ya.. beda, kalau tuyul suka curi hepeng tu, CD dia putih. Tak macam aku punya ini bang, loreng-loreng macam gajah lampung bang :D” ”

“harimau sumatera dodol -_-, udah ah… gua lagi males debat soal sempak, yang penting lo pegang ucapan lo!”

“baik bang, sebagai tuyul batak, aku harus menjunjug tinggi tanh kelahiranku, kan kupegang omonganku ini bang, aku akan memegang seperti layaknya…

Selagi mendengarkan Tuyl pidato gua tidur.. zZZZ
***
“Ray..”
mami membuka pembicaraan waktu makan malam, dirumah gua sama mami cuman berdua (yang manusia), papi udah meninggal waktu gua masih kecil, waktu gua TK. Gua juga sempet nanya kenapa papi gua gak bergerak waktu itu, tapi.. mami gua bilang, papi gua lupa nafas, yahh gua percaya aja, dan gua baru tau sekarang, kalo papi gua waktu itu serangan jantung -_- .

“iya, mi. Kenapa? “ gua menjawab sambil memasukan makanan ke dalam mulut.

“tadi, mami ngedengerin kamu ngomong sendiri,deh.. pake acara sebut sebut yull yul.. segala..”

Seketika makanan yang gua telen,berhenti di dekat lambung. Mampuuusss gua, keberadaan si Tuyl mulai dicurigai. Saat nya mengeluarkan jurus alibi.

“oohh itu mi, si Yul.. yul.. hmm… Yulii mi… iya Yuli”

“Yuli? Hayoo pacar baru ya?”
Mami menyipit-nyipitkan matanya.

“hmm hmm yuli.. yuli.. YULIanto. iya .. namanya YULIANTO, mi”
Gua nyengir-nyengir di depan mami.

“kamu pacaran sama Yulianto?
Muka mami berubah datar, dan muka gua pun lebih datar, lebih datar dari tetek bencong.

“bukan mi… ini temen baru di sekolah -_-“

“oh temen sekolah, pasti jawa ya?”

“bukan , mi. Dia Batak”

“orang batak, namanya YULIANTO?”

“dari pada namanya ASEP SUTARMAN?”
***

Malam itu, gua ngobrol samaTuyul, soal seluk beluk dia, keluarganya, saudara-saudaranya, teman-temannya, mantan-mantannya, sampe harta kekayaannya.

“lo ngapain sih, cabut dari rumah?” gua nanya smbil ngunyah batang singkong.

“aku ini nyasar bang, semua keluarga ku liburan di tempat berkumpul manusia-manusia hutan, dengan gajah, dengan kucing besar itu bang!”
gua sempet bingung apa yang dia maksud, tapi setelah berpikir 7 hari 7 malem gua mendapat jawabannya.

“kebon binantang?”

“tak tau lah aku namanya, ada pula itu bang, binatang lehernya panjang macam genter tu bang!”

“itu jerapah -_- BOTAK!!”
GILA,dia adalah, makhluk halus berkaki, yang paling dusun.. yang pernah gua temuin. Dia terus cerita soal saudara-saudaranya, dan teman-temannya, ternyata para Tuyul gak cuman temenan sama kubu tuyul aja, mereka juga main, sama pocong mini, jelang kangkung, sundel swallow, suster creambath, kakek gayung atau nenek cangkul juga ada.. Gua takjub ternyata film-film horor indonesia itu, temen dia semua. Setelah dia cerita panjang kali lebar kali tinggi, akhirnya dia cerita soal mantannya, gua sedih banget, sampe abis tisu setengah lembar -_-.

“namanya syusyan.. dipanggilnya “woy… Woy!!!” abis kalo mau manggil “syus” syusyah bangetttss”
Ternyata Tuyul bisa ngalay, besok gua ajak selfie nih, pake tongsis, trus pake fish-eye, c360 efe sexy lips, ntar di grid di picsArt abis itu dikasih evek lagi di camera beauty , upload IG pake hashtagg #OOTD dan semacamnya biar di like ama bule-bule …. trus ntar temen-temen cewek gua pada bilang “cantiiiik” pake “i” tiga biji, trus gua bakal jawab “ makasih yang lebih” atau gua jawab” ihh, cantikan kamuu..” <<pujian palsu cewek-cewek instagram, biar dibilang lebih cantik. Kampret gua baru inget kalo gua cowok,.

“dia beda banget sama gua, gua gak punya rambut di kepala, tapi dia punya banyak rambut di kepala, gua gak pake baju, dia pake. Gua item, dia yah.. lumayan lah. Gua jelek, dia enggak. Dan, yang parahnya lagi adalah, gua cinta, dia ENGGAK ! :’(“
Tuyul mendadak sesenggukan, sampe akhirnya gua ikutan sesenggukan gara-gara keselek keripik singkong. nah itu dia maksud gua, keripik singkong bukan batang singkong.

“tapi, bang. perbedaan itu indah , makanya gua tetep seneng karena gua dan syusyan punya perbedaan :D. Kayaknya gua salah cerita deh, gua harusnya cerita soal mantan ya? Bukan soal cinta yang gak kesampean -.-. lo aja deh yang cerita..”

“yul, lo sadar gak?, lo udah gak ngomong pake bahasa daerah lagi 😀 jadi gua ngerti :D”

“iya kah, Bang?. Wah tak sadar aku.. macam mana tadi aku bang?”

‘’yaelah, mulai lagi -_-. Nih, gua pernah punya mantan, tapi bukan mantan, hmm.. terselah lah lo mau nyebutnya apa. Namanya Arina, kalo kata temen-temen SMP gua sih, dia anaknya manis. Dia itu baik, smart. Dia itu cinta pertama gua, secara udah gua kejer dari SD, dan berakhir waktu kelas 2 SMP. selama itu, gua gak pernah kasih kepastian ke dia, padahal dia udah sering nanya “kita ini apa?” dan gua selalu jawab “kita ini manusia” , gua ngerasa bego banget, dan sekarang dia pergi, dan dia udah pergi sebelum gua sempet milikin dia secara RESMI. “

Tanpa gua sadar gua nangis sesenggukan, Tuyul adalah makhluk halus pertama yang liat gua nangis, yah.. itu karena dia makhluk halus pertama yang gua temuin.

“bang, ku kasih tau sama kau, wanita itu butuh kepastian, bang. Sama dengan piara burung, kalau kau tak kasih dia kandang, terbang nanti dia bang.. “
Tuyul mencoba menasehati gua, yang sibuk mengapus air mata yang keluar.

“lo bener, semenjak dia udah gak sama gua, gua coba untuk move on, ya gak berhasil sih, tapi seenggaknya gua udah berhasil buat Forget On (?) , tapi gua bingung, kita kan udah dewasa sih, apa iya butuh kata : gua suka sama lo, lo mau gak jadi pacar gua ?”

“itu namanya sebgai bukti kepemilikan dan ngasih kepastian kepada seorang perempuan, bang.”

“tapi gua sama Arina kan udah sama-sama dewasa.”

“tak ada batas usia untuk sebuah kepastian,bang”
***

Hari ini hari kedua sekolah. Si tuyul gua suruh tunggu di rumah, dan dia udah janji gak akan keluar dari kamar gua. Kata-kata dia semalem serasa mukul pikiran gua, gak lagi deh gua ngeggantungin cewe, jemuran banci kali digantung sembarangan -_-.

Mos di sekolah gua, cuman 1 hari, karena muenurut guru-guru disini itu gak penting, yang penting adalah bagai mana mereka bisa menjadikan anak didiiknya sebagai insan yang berguna buat orang tua sesuai slogan mereka “jadilah yang terbaik, dengan doa orang tua”(?). Gua masuk kelas 10 IPA 1, yah awal yang baik, di tambah gua duduk di DEPAN. maksud gua, gua ada di baris ke lima dari DEPAN, seengkanya sama-sama ada DEPAN nya. Temen sebangku gua, cewek woyyyy!! Kurang hoki apa gua?

“hai”
Gua sebagai cowok tulen, mulai duluan, dan nyakitnya adalah dia cuman seyum datar.

“Gua Ray. lo?”
Gua mulai memberanikan diri buat ngulurin tangan.

“Arini.”
Dia cuman senyum dan gak menyambut uluran tangan gua. Gua shock berat!!, bukan karena dia nggak bales uluran tangan gua, tapi karena namanya Arini, mengingatkan gua pada Arina, sekarang gua dilema. Apakah ini takdir tuhan? Dia mempertemukan Arini dengan gua, biar gua bisa move on, atau emang cuman kebetulan? Ah.. itu gak penting, yang penting adalah, sekarang gurunya udah dateng .

“good afternoon class? “
hah(?) ini jam 7.20, tapi dia bilang AFTERNOON?

“morning mis..”
Anak-anak di kelas mulai teriak-teriak gak jelas

“yeah, morning too clas!”
Sengklek nih orang, dia kira kita nyalamin dia, orang kita ngasih tau yang bener-_-

“saya, Madam Le- ”

“leeeeee….” anak-anak di kelas udah mengira nama dia adalah ‘Madam LeLe’ padahal…

“saya, Madam le..ila, bukan lele. Saya wali kelas kalian, plus , guru Biologi.”

Well, dia bakal jadi orang yang paling gua cari, dia harusnya berbangga hati karena dicariin sama orang kayak gue, yang wajahnya behh… susah deh dijelasin, ya lo tau kan? Kalo barang susah dijelasin berarti apa? Bisa gak jelas, absurd, abstrak, ya sama lah kyak muka gue..
Madam Leila boleh dibilang guru paling Fashionable yang pernah gua temuin, gimana enggak? Semua guru, pada pake baju dinas, sedangkan dia pake set dress super ketat, dengan High hells 15 cm, di tambah Lv bag (gua jamin itu KW) , anting super gede, jam tangan Baby G (hellowww, itu jam style nya Anak Baru Gede, bukan style Guru Berdada Gede -_-), rambut ombre biru, lipstick light red, dan scracy abis -_-, ngenesnya adalah, handphone dia itu lho! Mito 22 inch -_-. Anda kehilangan talenan di rumah anda? Mungkin saja handphonenya adalah, talenanan anda.

Well karena hari ini hari pertama gua sekolah, gua belom dapet banyak temen laki-laki. So.. gua ngegalau aja di kantin sekolah, makan sosis arab yang gedenya sejempol kudanil, ihh gak berasa.. kenapa gak berasa? Karena kudanil gak punya jempol. Akhirnya gua memutuskan untuk makan bakso, dan minum es degan.terserah lo mau nyebutnya es kelapa muda atau es degan, yang jelas dua jenis itu sama.

“makasih ya mb- ”

“nih ..”

“Arini? Kok lo yang nganter?”
Gua kaget setelah tau waiterss gua adalah Arini, dia udah ngebawa 2 bakso, es degan dan es jeruk.
“gua boleh duduk sini gak? Bangkunya Gak ada yang kosong .”

“boleh- boleh… “
Ya jelas boleh lah, rejeki nih buat gua. Arini emang gak begitu cantik, tapi begitu manis, dengan rambutnya yang tergerai indah serasa menyapu padang sahara *apasih. Arini mulai menggila, dia ngegelung rambutnya kebelakang dan melonggarkan dasinya, sedangkan gua cuman nganga sambil nuangin saos. Tapi tiba-tiba ‘anu’ gua kerasa panas…

“RAY?”

“hah iya? “
Guakaget, dan gua baru sadar kalo sedari tadi gua ngeliatin Arini dan sampe akhirnya..

“kok, es degan ditumpahin ke mangkok bakso? Tuh, bakso nya tumpah!”
DAFUQ! Ternyata yang dari tadi gua tumpahin itu bukan botol saos, tapi gelas es degan, dan kuah baksonya meluap, numpahin ‘anu’ gua, lo bayangin aja, gimana malu nya gua depan Arini waktu itu.. pertama Arini menggila, kedua, anu gua basah, bisa nyangkal apa orang-orang? . Arini cuman bengong, karena ngeliat gua bengong ngeliatin bakso gua yang berubah jadi kayak ada ingus nya -_-, mau gak mau deh gua pesen lagi.

“Mba.. “

“abis mas…”
Somfretttt belom juga ngomong, udah abis aja!. Gua serasa abis jatoh ketiban gerobak, yang isinya banci berstocking warna- warni.

“udah, makan barenga aja “
Arini nyodorin sendok dan garpu ke gua, trus dia ngedeketin mangkok baksonya. Gua serasa terbang keliling langit jakarta naik metro mini, dan lo tau siapa yang sopirnya? Yap.. banci berstocking warna-warni.

“mba.. “
Lhoo ngapain si Arini manggil mba kantinnya? Jangan-jangan gua disuruh makan bareng sama mba kantinnya lagi bukan sama dia -_- .

“minta sedotan satu lagi ya?”

“iya mba..”
Mba itu pun pergi..

“udah, nyedot breng aja” Aduhhh nih mulut, udah kayak mulut banci..

“Jorok lo! Hahahah”
Ini kali pertama gua liat Arini ketawa, kalo dia ketawa, lesung pipi di bawah bibirnya keliatan banget, giginya rapih , perfect smile. Ternyata Arini gak sedingin yang gua kira. Mungkin dia memang cewek dingin, dan sayangnya gua adalah Magicom, dan dengan mudahnya dia meleleh saat dideket gua. Hari itu bisa dibilang, hari dimana gua lupa sama Arina, dan hari di mana gua resmi jatuh cinta sama Arini.